metode pembelajaran snowball throwing

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang metode pembelajaran dengan menggunakan teknik snowball throwing. Snowball throwing atau yang dikenal dengan melempar bola. Apakah yang dimaksud dengan metode pembelajaran dengan teknik snowball throwing? Akan dijelaskan dalam pembahasan di artikel ini. Selain itu, masih terdapat beberapa hal yang lain yang berhubungan dengan metode snowball throwing. Semoga pembahasan di artikel ini akan memberikan kalian pemahaman yang mendalam tentang metode snowball throwing.

Prinsip – Prinsip Metode Pembelajaran dengan Teknik Snowball Throwing

Rahman (2015) menyatakan bahwa terdapat beberapa prinsip yang harus diketahui dalam menerapkan metode pembelajaran dengan teknik snowball throwing. Prinsip – prinsip tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Menuntut siswa untuk belajar secara aktif atau dinamakan dengan student active learning.
  2. Menuntut siswa untuk belajar bekerja sama dengan teman sebaya atau dinamakan dengan cooperative learning.
  3. Menuntut guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang partisipatorik.
  4. Menuntut guru untuk mengajar secara reaktif atau dinamakan dengan reactive teaching.
  5. Pembelajaran yang dilakukan bersifat menyenangkan atau dinamakan dengan joyfull learning.
Setelah memahami tentang beberapa prinsip dalam metode pembelajaran dengan teknik snowball throwing. Selanjutnya, akan dijelaskan tentang langkah – langkah yang harus dilakukan oleh guru untuk menerapakan metode ini dalam pembelajaran. Hal tersebut akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Langkah – Langkah Metode Pembelajaran dengan Teknik Snowball Throwing

Pembahasan ini akan memberikan penjelasan tentang langkah – langkah yang harus dilakukan guru untuk menerapkan metode pembelajaran dengan teknik snowball throwing. Langkah – langkah yang harus dilakukan untuk menerapkan metode ini menurut Agus Suprijono dalam Pariani (2014) yaitu sebagai berikut.
  1. Guru perlu menyampaikan tentang materi yang akan disajikan dalam pembelajaran yang dilakukan.
  2. Kemudian, guru membentuk kelompok – kelompok. Setelah kelompok terbentuk, guru memanggil ketua dari masing – masing kelompok untuk diberikan beberapa penjelasan tentang materi yang akan diajarkan.
  3. Setelah memperoleh pengarahan dari guru, masing – masing ketua kelompok kembali ke dalam kelompoknya. Ketua kelompok selanjutnya menjelaskan tentang materi yang diperoleh dan dijelaskan dari guru pada teman – teman dalam kelompoknya.
  4. Selanjutnya siswa yang berada dalam kelompok, masing – masing diberikan satu lembar kertas. Kertas tersebut digunakan untuk menuliskan tentang satu pertanyaan. Pertanyaan yang dituliskan berhubungan dengan materi yang telah dijelaskan oleh masing – masing ketua kelompok.
  5. Kertas yang dituliskan pertanyaan oleh masing – masing siswa tersebut, selanjutnya dibuat seperti bola. Setelah dibuat bola, kertas tersebut dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain.
  6. Siswa yang memperoleh lemparan bola selanjutnya diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis di dalam kertas tersebut.
  7. Guru melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
  8. Guru menutup kegiatan pembelajaran tersebut.
Pendapat lain yang diungkapkan oleh Pelatun (2014) menyatakan bahwa langkah – langkah dalam metode snowball throwing yaitu:
  1. Guru menyampaikan materi pada siswa berserta kompetensi – kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.
  2. Guru membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil.
  3. Guru meminta siswa yang berada dalam masing – masing kelompok untuk melakukan kegiatan diskusi tentang materi yang telah disampaikan. Kemudian, masing – masing siswa mengajukans sebuah pertanyaan.
  4. Guru memberikan selembar kertas untuk masing – masing siswa, kemudian mereka menuliskan pertanyaan yang akan dijadikan ke dalam kertas tersebut.
  5. Siswa membuat kerta yang telah berisi pertanyaan tadi, menjadi bentuk bola – bola, sesuai dengan perintah guru. Kemudian, kertas yang telah berbentuk bola – bola tadi dilemparkan ke siswa dalam kelompok yang lain.
  6. Guru melakukan pengarahan pada kelompok yang mendapatkan bola untuk menjawab pertanyaan yang telah ditulis di dalam kelas.
  7. Selanjutnya, kelompok yang telah berhasil menjawab pertanyaan, selanjutnya melemparkan pertanyaan ke kelompok yang lain.
  8. Guru memberikan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan bersama dengan siswa.
Terdapat dua macam langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan metode snowball throwing. Namun, inti dari langkah tersebut yaitu membuat pertanyaan untuk dituliskan ke dalam kertas. Kemudian, kertas dibentuk bola – bola dan dilemparkan ke kelompok  yang lain. Setelah memahami tentang langkah – langkah yang harus ditempuh guru dalam melaksanakan model pembelajaran dengan teknik snowball throwing. Selanjutnya, apakah kelebihan dan kelemahan metode snowball throwing? Hal tersebut akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.



Posting Komentar

0 Komentar