Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang metode pembelajaran dengan menggunakan teknik
snowball throwing.
Snowball throwing atau yang dikenal dengan melempar bola. Apakah yang dimaksud dengan metode pembelajaran dengan teknik
snowball throwing? Akan dijelaskan dalam pembahasan di artikel ini.
Selain itu, masih terdapat beberapa hal yang lain yang berhubungan dengan metode
snowball throwing. Semoga pembahasan di artikel ini akan memberikan kalian pemahaman yang mendalam tentang metode
snowball throwing.
Prinsip – Prinsip Metode Pembelajaran dengan Teknik Snowball Throwing
Rahman (2015) menyatakan bahwa terdapat beberapa prinsip yang harus
diketahui dalam menerapkan metode pembelajaran dengan teknik
snowball throwing. Prinsip – prinsip tersebut yaitu sebagai berikut.
- Menuntut siswa untuk belajar secara aktif atau dinamakan dengan student active learning.
- Menuntut siswa untuk belajar bekerja sama dengan teman sebaya atau dinamakan dengan cooperative learning.
- Menuntut guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang partisipatorik.
- Menuntut guru untuk mengajar secara reaktif atau dinamakan dengan reactive teaching.
- Pembelajaran yang dilakukan bersifat menyenangkan atau dinamakan dengan joyfull learning.
Setelah memahami tentang beberapa prinsip dalam metode pembelajaran dengan teknik
snowball throwing.
Selanjutnya, akan dijelaskan tentang langkah – langkah yang harus
dilakukan oleh guru untuk menerapakan metode ini dalam pembelajaran. Hal
tersebut akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.
Langkah – Langkah Metode Pembelajaran dengan Teknik Snowball Throwing
Pembahasan ini akan memberikan penjelasan tentang langkah – langkah
yang harus dilakukan guru untuk menerapkan metode pembelajaran dengan
teknik
snowball throwing. Langkah – langkah yang harus
dilakukan untuk menerapkan metode ini menurut Agus Suprijono dalam
Pariani (2014) yaitu sebagai berikut.
- Guru perlu menyampaikan tentang materi yang akan disajikan dalam pembelajaran yang dilakukan.
- Kemudian,
guru membentuk kelompok – kelompok. Setelah kelompok terbentuk, guru
memanggil ketua dari masing – masing kelompok untuk diberikan beberapa
penjelasan tentang materi yang akan diajarkan.
- Setelah
memperoleh pengarahan dari guru, masing – masing ketua kelompok kembali
ke dalam kelompoknya. Ketua kelompok selanjutnya menjelaskan tentang
materi yang diperoleh dan dijelaskan dari guru pada teman – teman dalam
kelompoknya.
- Selanjutnya siswa yang berada dalam kelompok,
masing – masing diberikan satu lembar kertas. Kertas tersebut digunakan
untuk menuliskan tentang satu pertanyaan. Pertanyaan yang dituliskan
berhubungan dengan materi yang telah dijelaskan oleh masing – masing
ketua kelompok.
- Kertas yang dituliskan pertanyaan oleh masing –
masing siswa tersebut, selanjutnya dibuat seperti bola. Setelah dibuat
bola, kertas tersebut dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain.
- Siswa
yang memperoleh lemparan bola selanjutnya diberikan kesempatan untuk
menjawab pertanyaan yang tertulis di dalam kertas tersebut.
- Guru melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
- Guru menutup kegiatan pembelajaran tersebut.
Pendapat lain yang diungkapkan oleh Pelatun (2014) menyatakan bahwa langkah – langkah dalam metode
snowball throwing yaitu:
- Guru menyampaikan materi pada siswa berserta kompetensi – kompetensi yang harus dicapai oleh siswa.
- Guru membagi siswa dalam kelompok – kelompok kecil.
- Guru
meminta siswa yang berada dalam masing – masing kelompok untuk
melakukan kegiatan diskusi tentang materi yang telah disampaikan.
Kemudian, masing – masing siswa mengajukans sebuah pertanyaan.
- Guru
memberikan selembar kertas untuk masing – masing siswa, kemudian mereka
menuliskan pertanyaan yang akan dijadikan ke dalam kertas tersebut.
- Siswa
membuat kerta yang telah berisi pertanyaan tadi, menjadi bentuk bola –
bola, sesuai dengan perintah guru. Kemudian, kertas yang telah berbentuk
bola – bola tadi dilemparkan ke siswa dalam kelompok yang lain.
- Guru melakukan pengarahan pada kelompok yang mendapatkan bola untuk menjawab pertanyaan yang telah ditulis di dalam kelas.
- Selanjutnya, kelompok yang telah berhasil menjawab pertanyaan, selanjutnya melemparkan pertanyaan ke kelompok yang lain.
- Guru memberikan kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan bersama dengan siswa.
Terdapat dua macam langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan metode
snowball throwing.
Namun, inti dari langkah tersebut yaitu membuat pertanyaan untuk
dituliskan ke dalam kertas. Kemudian, kertas dibentuk bola – bola dan
dilemparkan ke kelompok yang lain. Setelah memahami tentang langkah –
langkah yang harus ditempuh guru dalam melaksanakan model pembelajaran
dengan teknik
snowball throwing. Selanjutnya, apakah kelebihan dan kelemahan metode
snowball throwing? Hal tersebut akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.
0 Komentar