UKM Rumah gadang telkom university


UKM RUMAH GADANG TELKOM UNIVERSITY

Rumah gadang universitas Telkom merupakan unit kegiatan mahasiswa yang berbasis budaya minangkabau yang didirikan pada tanggal 11 desember 2013.
Rumah gadang Telkom merupakan wadah bagi mahasiswa minang untuk bersilahturahmi, Sembari melestarikan dan memeperkenalkan kebudayaan minangkabau.  Rumah gadang universitas Telkom juga aktif dalam kegiatan social dan olahraga yang ada dalam lingkungan kampus maupun diluar kampus.
Untuk saat ini unit  kegiatan mahasiswa rumah gadang universitas Telkom memiliki kurang lebih 800 anggota aktif, baik yang berasal dari sumatera barat, keturunan minang  yang lahir di rantau  ataupun  anggota non minang yang tertarik untuk mengetahui dan mempelajari budaya minangkabau.
SEJARAH UKM RUMAH GADANG UNIVERSITAS TELKOM
Sudah menjadi kebiasaan bagi pemuda dan pemudi minangkabau untuk meninggalkan kampung  halaman disaat usia mereka  telah dirasa cukup. Hal tersebut lebih banyak dikenal dengan istilah merantau. Seperti yang terdapat dalam pepatah minang.
Karantau madang dihulu
Babuah alah babungo balun
Marantau bujang dahulu
Gadang alah baguno alun
Secara umum ada 2 jenis tujuan orang minang pergi merantau. Yang pertama adalah untuk tujuan ekonomi, dan yang kedua adalah untuk tujuan pendidikan. Dalam hal ini kita sebagai mahasiswa ada di urutan kedua.
Dari sekian banyak tempat untuk melanjutkan pendidikan, Bandung merupakan salah satu tempat yang popular bagi pemuda dan pemudi minangkabau untuk melanjutkan pendidikan. Karena di bandung terdapat banyak kampus baik itu universitas negeri maupun swasta, Salah satunya adalah universitas Telkom.
Unit kegiatan mahasiswa minang pada masing-masing institusi dibawah yayasan pendidikan Telkom pada awalnya didirikan untuk menghimpun dan menjaga silahturahmi sesame mahasiswa minang di kampus. Letak kampus yang berbeda beda yang membuat  masing-masing institusi punya unit kegiatan yang berbeda.
Rumah gadang sendiri pun mempunyayi event-event, Yakni event terbesar rumah gadang yaitu alek rumah gadang. Alek Rumah Gadang merupakan acara terbesar tahunan Rumah Gadang dan juga Telkom University. Pada acara ini kami memperkenalkan kebudayaan Minangkabau di Tanah sunda, setiap tahun nya terjadi peningkatan penonton Alek Rumah Gadang, seperti yang terjadi di tahun 2017 jumlah penonton hanya 2000 orang dan akan di pastikan meningkat di tahun 2018, ini membuktikan bahwa budaya Minangkabau di terima oleh masyarakat. Selain itu Rumah GAdang juga mempunyai kegitatan kegiatan seru lainnya, seperti fun futsal, fun badminton, beaty class, galanggang nagari, rekruitasi angkatan muda, buko basomo, masak basamo, dll.





Posting Komentar

0 Komentar