Sharing About My Experience in Calculus Lecture

Kalkulus (bahasa Latin: calculus, artinya "batu kecil", untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret takterhingga. Kalkulus adalah ilmu yang mempelajari perubahan, sebagaimana geometri yang mempelajari bentuk dan aljabar yang mempelajari operasi dan penerapannya untuk memecahkan persamaan. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer (https://id.wikipedia.org/wiki/Kalkulus).

Mungkin bagi kalian yang belum tahu apa itu ilmu kalkulus ngebaca pengertiannya aja mungkin merasa kalkulus itu sulit banget, susah, pusing, dan masih banyak lagi. Sama seperti gua ketika mendapatkan mata kuliah kalkulus pertama kali, pertama tuh punya feeling gak enak sama matkul ini sama ngeliat banyak reaksi orang-orang, mereka beranggapan bahwa kalkulus itu susah banget nah jadinya gua kebawa tuh anggepan seperti itu.

Tetapi dari semua opini mereka terhadap matkul ini, justru membuat gue semakin tertantang dengan adanya ini. Waktu pas lagi gabut ngebuka youtube, eh ada rekomendasi nih tentang matkul kalkulus gua coba aja buka videonya. Dan mentor yang ngajarinnya itu asik parah jadi ngebuat anggepan gua terhadap kalkulus itu santai, enjoy kalian bisa liat channelnya Blackpenredpen nah itu yang membuat gua suka kalkulus sampai sekarang.

Yaudahlah ya yang sudah berlalu yah biarlah berlalu. Sekarang gua mau ngebahas yang sekarang aja dah. Sekarang gua sedang mengambil mata kuliah kalkulus 2 atau bisa dibilang lanjutan dari pre-kalkulus. Lumayan susah juga sih matkul ini soalnya materinya itu lebih menjorok ke hapalan, pengaplikasiannya ke soal-soal makanya bisa dibilang agak berat juga. Di kalkulus 2 itu pertama masih review dari kalkulus 1. Materinya itu ada teknik pengintegralan, disini nih ada banyak teknik untuk digunakan contohnya substitusi trigonometri, pecahan parsial dan banyak lagi. Kedua, udah masuk ke limit-limitan nih, karena materi yang kedua ini adalah integral tak wajar. Kemudian berikutnya itu materi yang paling panjang dan materi menjelang UTS, barisan dan deret bilangan.

Bisa dibilang lumayan berat disini karena banyak hafalannya juga buat nentuin gimana kita harus nyelesain soal dengan trik yang sudah diberikan. Setelah UTS berlalu munculah masalah baru, yaitu kuliah online kalkulus. Dikarenakan pada saat itu ada wabah yang menyebar secara cepat sehingga semua aktivitas perkuliahan dilakukan secara daring atau online. Selama kegiatan kuliah secara online berlangsung yang diharapkan adalah semakin produktif gataunya malah semakin malas kalau ada kelas. Tapi berbeda kalau matkul ini, setiap kelas kalkulus gua rajin nyatet materinya soalnya semakin naik materi semakin seru materinya buat dipelajarin.

Untuk ngobrol santai kali ini cukup sampai disini buat kalian yang membaca postingan blog ini saya ada pesan jangan menilai sesuatu dari luarnya dan juga jangan dulu berburuk sangka karena kita tidak pernah tahu apa makna ataupun nilai yang ada didalamnya sebelum kita mengetahuinya secara dalam. Sekian ngobrol santai kali ini, Terimakasih.



Posting Komentar

0 Komentar